Rabu, 23 Desember 2009

Disable Autorun/Autoplay Untuk Mencegah Masuknya Virus Bootable






    Bagi anda yang sudah bosan dengan tingkah virus yang cepat menyebar di komputer anda, dan anda terserang berkali-kali oleh virus yang mempunyai penyebaran otomatis anda pasti sebal jika harus menginstal ulang kembali OS ( OPERATING SISTEM ) apabila anda tidak mempunyai antivirus yang handal untuk menumpas jenis virus-virus tersebut. Anda juga jangan heran apa bila Komputer anda sudah ter infeksi virus maka program Antivirus anda tidak bejalan dengan baik.
Dalam pencegahan terinfeksinya komputer anda oleh jenis virus tersebut sangatlah mudah. Anda tinggal mendisable proses autorun, misal apabila flash disk anda dicolokkan maka biasanya ada pilihan OPEN WITH pada option Flash disk pertama ( itu adalah penyebab tersebarnya virus ke komputer anda apabila di flash disk ada virusnya ). Dan apabila anda sudah mendisable autorunnya maka pada saat anda menancapkan flash ke komputer maka tidak akan ada pilihan apa-apa ( So, virus g akan menyebar ). Tapi kalau dibuka flashnya dan anda belum menscan dengan anti virus yang handal maka hasilnya sama saja.
Jadi bila sudah mendisable Autorun kita juga harus menscan dengan antivirus yang bagus. Contoh anti virus yang dapat mengilangakan atau meminimalisir virus adalah KASPERSKY Anti Virus, AVG, Bitfennder dan antivirus professional lainnya. Anda juga aharus menscan ulang dengan anti virus lokal yang ampuh untuk mendeteksi virus lokal yaitu SAMADAV antivirus, Ya SMADAV antivirus kini berkembang dengan baik antivirus lokal asal INDONESIA itu dapat mencegah virus yang dapat menular ke komputer.

Berikut ada 2 cara mendisable AUTORUN :


Melalui Registry

1. Klik Start-Run dan ketikkan regedit.
2. Browse ke alamat registry berikut
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current\Version\Policies\ Explorer
3. Kemudian klik kanan pada string NoDriveTypeAutoRun.
4. Isi Value data dengan ff yang berarti fungsi Autorun akan dimatikan.
5. Klik OK.
6. Keluar dan restart komputer anda.


Melalui Group Policy (Gpedit.mcs)

1. Klik Start-Run dan ketikkan GPEDIT.MSC.
2. Setelah muncul layar Group Policy klik folder System pada menu User Configuration dan Computer Configuration.
3. Pada kolom Settings, klik dua kali Turn off Autoplay.
4. Setelah muncul layar Turn off Autoplay properties, klik Tabulasi (settings) dan pilih opsi Enable pada menu Turn Off Autoplay kemudian pilih All drive pada kolom Turn Off Autoplay on.
5. Kemudian klik OK.
6. Tutup dan restart.

NB : Disarankan menggunakan GPEDIT.MSC karena lebih mudah penggunaaanya. Dan berhatihatilah dan selalau waspada ( waspadalah, waspadalah!!!!!!!!!)

" SELAMAT MENCOBA "

by : nugroz93@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi comment postingan.........